Friday, May 11, 2007

EVERYTHING YOU NEED TO KNOW ABOUT.....

Waduh judulnya panjang yach...... Sebenarnya itu judul dari buku science zaza. Hari senin tgl 14 (last exam day for this semester) mbak zaza masih ada ujian untuk pelajaran science. Selama kelas 4(P4) ini, buku dengan judul diatas adalah merupakan buku pegangan kami dalam mengajarkan zaza science selain textbook yang dipakai disekolah.

Seperti yang pernah saya ceritakan pada postingan terdahulu, pelajaran science untuk upper primary class lebih diberatkan pada kemampuan anak dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh. Informasi ini saya dapat waktu saya bertemu dengan zaza's form teacher when she was in P3. "Where do you think the A star comes from?" tanya guru itu. Belum sempat saya menjawab beliau sudah menjelaskan lebih lanjut. "From those applied questions which answers need broader knowledge". Seorang kawan melayu saya sempat bercerita bahwa untuk pelajaran sains tidak cukup belajar dari textbook saja. Harus rajin mencari ilmu sendiri. Informasi2 yang saya terima ini saya rekam baik2 di dalam bilik memori.

Akhir tahun lalu, sebuah toko buku yang cukup popular disini mengadakan book sale di singapore expo. Kesempatan ini tidak saya lewatkan. Biasanya pada saat sale begini, buku2 assessment harganya lebih murah, jadilah saya membeli beberapa buku2 tersebut. Dari sekian banyak pilihan, saya biasanya memilih yang terbitan Marshal cavendish, EPH, EPB untuk buku math, Engl dan Scie. Pemilihan buku ini sebetulnya sesuai dengan kebutuhan saja. Saat akan membayar, secara tidak sengaja saya menemukan tumpukan paket buku2 science P4.Dalam satu paket ada 6 buku dimana tiap 1 buku membahas 1 theme misalkan tentang matter, heat, dll. I then scanned the contain briefly and decided to buy it (karena rekaman di kepala saya tiba2 ber"nyanyi")

Apa yang di"iklankan" dalam buku ini memang banyak membantu kami dalam menerangkan materi2 yang dipelajari zaza di sekolah. Diakui walaupun sudah dibeli, awalnya sempat ketar ketir juga. Bayangkan satu buku hanya untuk satu pembahasan saja. Ternyata kekhawatiran itu tidak terbukti sepenuhnya. Buku ini menjelaskan konsep secara detil dan mudah. Setiap teori yang dijelaskan selalu diikuti dengan percobaan. Tujuan, material yang digunakan, prosedur, observasi, penjelasan dan kesimpulan layaknya dulu saat saya membuat laporan praktikum. Selain itu buku ini juga memberikan contoh2 practice questions lengkap dengan penjelasannya.

Ternyata dikelas 4 ini, baik CA1 dan SA1 untuk pelajaran scie, materi kelas 3 juga turut diujikan. Karena belum punya yang seri kelas 3, saya pun memburu buku paket ini. Setelah selesai acara di SIS hari minggu lalu, saya merambah toko buku popular dibeberapa lokasi mulai dari orchard road, Jurong east dan berakir di jurong point mall. Itupun saya harus reserved dulu bukunya karena takut kehabisan.

Sama seperti buku P4, pembahasan tiap materi di buku ini juga mendalam dan lebih luas cakupannya dari buku text book. Walaupun demikian, bahasa yang digunakan tidak terlalu njelimet. Jadi tetap mudah dicerna. Saya akui tidak semua pembahasan disitu harus dicekokkan ke zaza
. Sebagian darinya cukup sebagai pengetahuan atau ilmu tambahan sementara ini. Biasanya untuk pelajaran yang membutuhkan hapalan seperti ini, zaza lebih dulu membaca buku tersebut setelah itu akan diterangkan lebih lanjut, entah oleh saya atau suami {tapi lebih sering dengan suami ding }

Saya bukan promotion department manager dari publisher itu. Jika boleh menyarankan, membeli buku ini tidak rugi. Banyak ilmu yang bisa didapat dari situ. Tidak hanya sekedar soal2 dan jawabannya saja. Satu lagi saran, jika mau beli tunggu saat book sale menjelang tahun ajaran baru. Karena perbedaan harga yang cukup signifikan (berdasarkan pengalaman pribadi neeeh)








Buat yang mau tahu buku itu: Everything you need to know about science by Educational Publishing House Pte Ltd.

2 comments:

Anonymous said...

Ck..ck..ck salut deh untuk mbak endang yang sanggup tour the popular dari ujung ke ujung.. Huebaaath dech!!!

Anonymous said...

hehehe....ini yang saya mampu lakukan demi membantu anak dalam pelajarannya....