Monday, May 7, 2007

CAN NOT ANSWER LOR!

1) A + B + B = 32

A + A + B = 28

What is the value of A + B ?

2) There are 136 pencils and pens in a box. 0.6 of the pencils is equal to ¼ of the pens. How many pencils are there in the box?

Hayoooo sapa bisa jawaaaab?

Soal2 diatas adalah soal2 ujian SA(semestral assessment)1 dari salah satu sekolah di Singapore (definitely bukan sekolah mbak zaza).

Saya sebagai orang tua dalam hati bertanya, apakah ini soal standard matematika untuk anak kelas 4 SD? Kalau memang soal standard berarti diharapkan semua anak kelas 4 itu bisa mengerjakan pertanyaan2 itu. Soal no 1 adalah soal eliminasi dengan 2 unknown variables. Sedangkan soal kedua adalah word problem yang sifatnya tricky (tidak bisa dikatakan soal mudah)

Karena zaza belum bisa, jadi tugas saya menerangkan. Nah, itulah yang menjadi masalah. Saya mengutak-atik bagaimana mencari cara mudahnya sehingga zaza mengerti. Biyuuung.....kenapa juga ada soal beginian siiihhh....

Begitu suami pulang, langsung saya “lempar” tugas menerangkan kepadanya, sebelum saya sutris melihat ekspresi muka zaza.

Setelah diterangkan beberapa kali oleh suami (+ my hubby's friend) dengan memberikan contoh soal yang hampir mirip dengan no 1, zaza gradually got the slightest idea. Alhamdulillah. Walaupun kelihatannya belum ‘klik’ banget. Tidak apa2. belajar dan belajar mbak!

Saya pernah menghadiri workshop matematika yang diselenggarakan oleh sekolah zaza. Tujuan workshop ini adalah memberikan tips2 bagaimana mengajarkan matematika kepada anak2 dirumah. Tetapi contoh soal2 yang diberikan sangat simpel jauh dari kategori diatas. Seandainya saya menjumpai soal2 ini lebih dahulu, sudah tentu akan saya tanyakan di workshop tersebut bagaimana caranya. (Rasanya lebih sreg kalau diterangkan langsung oleh guru yang bersangkutan daripada melihat dari buku2 assessment yang banyak dijual di toko buku disini).

Karena penasaran, saya mencoba mencari tahu tentang sekolah itu. Ternyata, sekolah tersebut adalah satu dari sembilan sekolah SD yang mempunyai program khusus yaitu Gifted Education Programme (GEP). GEP diperuntukkan bagi murid2 yang intellectually brightest. Students in this programme will be given vigorous curriculum which extends beyond basic syllabus.

Aha, saya berprasangka saja bahwa soal2 itu bisa jadi memang diluar garis standard. Sedikit lega.

Namun bukan berarti saya hanya ingin zaza mengerjakan soal yang mudah2 saja. Tentu tidak. Ada dua sisi. Sisi satu, memberikan soal2 yang bersifat challenging dapat memotivasi zaza untuk belajar lebih giat lagi. Sisi dua, memberikan soal2 yang bersifat challenging tapi malah membuat dia patah arang karena terlalu sulit. Sisi yang kedua ini tidak saya harapkan. Well, harus pintar2 cari soal deh....

Ayooo mbak, tetap semangat! Sebentar lagi ujian neehhh...*kok jadi bunda yang heboh begeneee*



Pssst, untuk soal no 2 diatas, seorang bapak dari 2 anak dan seorang calon bapak sampai berdiskusi bermenit2 (menjelang tengah malam pula) untuk mengetahui jawabannya

No comments: